Ribuan Umat Muslim Padati Sholat Ied di Masjid Agung Palembang hingga Memenuhi Jembatan Ampera

oleh

Uri.co.id, PALEMBANG — Momen hari raya idul fitri merupakan hal yang ditunggu oleh setiap umat muslim, termasuk kekhusyukan dalam pelaksanaan sholat Ied.

Sebagian masyarakat Palembang yang beragama Islam melaksanakan sholat Ied di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pada Idul Fitri 1440 Hijriyah, Rabu (5/6/2019).

Terlihat pelaksanaan sholat Ied dengan begitu meriah dan khusyuk, ribuan warga memenuhi pelataran masjid.

Bahkan sampai membludak kebeberapa tempat disekitar masjid antara lain Monpera penuh hingga ke bawah ampera, atas jembatan ampera, jalan Sudirman hingga ke IP.

Ketua Umum Pengurus Masjid Agung SMB II, Kgs Ahmad Sarnubi menyatakan demi memfasilitasi pelaksanaan Sholat Ied bagi warga Palembang ini pihak keamanan dan kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di jalan Sudirman dan jalan menuju ampera.

“Karena kami tahu sejak tahun ke tahun ribuan umat muslim sholat Ied disini, maka sejak jam 6 pagi jalan sudah akan ditutup sementara oleh pihak keamanan setelah sholat Ied baru di buka kembali,”Jelas Kgs Ahmad Sarnubi.

Dalam khotbahnya ia menyampaikan, marilah kita sambut Idul Fitri 1440 H dengan kegembiraan, penuh keikhlaskan, dengan selalu mengharapkan ampunan dan ridho-Nya serat selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kholis (44) salah satu dari ribuan jemaah sholat Ied menyatakan dirinya berasal dari Kertapati dan setiap tahun sengaja ingin melaksanakan sholat Ied di Masjid Agung SMB II.

“Tiap tahun saya melaksanakan sholat Iednya disini dan membawa serta keluarga saya, saya senang karena merasa takjub ketika sholat Ied disini bersama ribuan warga Palembang lainnya,”Ungkap Kholis.

Kholis juga mengungkapkan bahwa setiap tahun dia dan keluarganya selalu mendapatkan tempat diluar Masjid, namun tidak menentu sesuai dengan waktu saat berangkat.

“Meskipun tiap tahun kesini tapi kami belum pernah dapat tempat di dalam atau di pelataran Masjid, karena kalau mau dapat tempat di dalam itu harus datang dari subuh,”Tambahnya.

Ibadah sholat Ied ini juga merupakan salah satu cara warga untuk menumbuhkan tali silaturahmi kepada sesama umat islam, karena bisa saling bermaafan di hari nan Fitri. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!